Mengenal Rak Server

rezafadillah98.blogspot.com - Mengenal Rak Server - Rak server sendiri adalah kerangka yang dibuat dari besi, berfungsi untuk menempatkan komputer-komputer server pada rak-rak yang ada. Rak server ini ada beberapa slot dudukan yang dirancang untuk menahan server aman ditempatnya dengan dikunci oleh sekrup.


Mengenal Rak Server
Sebuah rak server dapat berisi beberapa server yang dipasang secara bertumpuk satu diatas yang lain. Pemasangan server2 dalam satu rak ini memudahkan untuk melakukan koneksi ke berbagai
komponen jaringan dan menghemat penggunaan tempat.

Konfigurasi rak juga menyederhanakan pengaturan kabel diantara berbagai hardware jaringan.
Rak server dibuat dengan menggunakan sistem pendingin yang fungsinya membuang panas yang dihasilkan oleh server-server dan komponen jaringan di dalam rak.

Lalu berapa sih ukuran standar rak server?

19 inch itu ukuran standar kerangka untuk memasang berbagai modul peralatan. Setiap modulnya memiliki panel depan yang memiliki lebar 19 inch (482,6 mm), termasuk tepi atau telinga yang menonjol di setiap sisi peralatan, yang fungsinya untuk mengikat modul ke rak dengan sekrup.

Peralatan yang dirancang untuk ditempatkan di rak server disebutnya rack-mount. Ketinggian modulnya juga distandarisasi sebagai kelipatan 1,75 inch (44, 45 mm) atau satu unit rak atau 1 U. Standarnya rak server memiliki tinggi 42 U.
Mengenal Rak Server


















Contoh rak server yang memiliki tinggi 42 U yaitu Dell PowerEdge 4220 yang dirancang dengan ukuran

4220 : 600mm x 1070mm

4220W : 750mm x 1070mm

Mengenal Rak Server








4220D : 600mm x 1200mm

Mengenal Rak Server









Untuk ukuran 4220 dan 4220W, rak nya mampu menyimpan hingga empat atau delapan unit, sedangkan 4220D, dapat menampung hingga dua kali lebih banyak.

btemplates

0 komentar:

Post a Comment