Lebih Mahal Mana, WhatsApp Atau Line?

Lebih Mahal Mana, WhatsApp Atau Line?

rezafadillah98.blogspot.com - Akuisisi WhatsApp oleh Facebook senilai USD 19 miliar membuat industri aplikasi perangkat mobile menjadi begitu menjanjikan. Terutama bagi para pengembang aplikasi messaging yang sangat populer di era perangkat mobile saat ini.

Setelah WhatsApp, kini kabarnya giliran Line yang menjadi incaran untuk diakuisisi oleh sejumlah perusahaan besar. Salah satu yang dikabarkan paling tertarik untuk memiliki Line adalah Softbank, salah satu operator seluler terbesar di Jepang.
Bahkan menurut informasi yang saat ini ramai beredar menyebutkan bahwa founder SoftBank Masayoshi Son telah melakukan pembicaraan serius untuk menawarkan kesepakatan yang saling menguntungkan dengan pihak Naver selaku pengembang Line.
Dengan jumlah pengguna yang mencapai 340 juta, lembaga keuangan BNP Paribas asal Perancis memperkirakan Line bernilai tidak kurang dari USD 14,9 miliar. Ini artinya Line lebih murah USD 4,1 miliar dari WhatsApp yang diklaim memiliki 460 juta pengguna.
Meski begitu, Bloomberg melalui websitenya menyampaikan bahwa banyak pihak yang menilai Line mungkin saja memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan WhatsApp. Sebab menurut prediksi perusahaan investasi Ichiyoshi Asset Management, Line memiliki potensi monetasi bisnis yang jauh lebih besar dibandingkan WhatsApp.
Saat ini saja Line sudah bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar dari layanan penjualan fitur sticker dan iklan digital. Selain itu, aplikasi messaging Line juga terintegrasi dengan sejumlah produk game yang mendatangkan keuntungan melalui in-app purchase.
Softbank sendiri bukanlah pemain baru di bisnis aplikasi mobile, karena operator seluler yang berpusat di Tokyo ini juga sebelumnya sudah membeli sebagian besar saham GungHo Online Entertainment Inc., pengembang dan penerbit game mobile populer seperti Puzzle & Dragons dan Crazy Towers.

btemplates

0 komentar:

Post a Comment